Yakini hatiku bersamamu..... kidung cintaku yang abadi.....

lucu

Senin, 06 Desember 2010

konsep mikrobiologi

LAPORAN TUGAS

KONSEP MIKROBIOLOGI

ILMU DASAR KEBIDANAN II


Disusun oleh:

Asmaul Chusnah (15.401.10.003)

AKADEMI KEBIDANAN RUSTIDA

PRODI DIII KEBIDANAN

Tahun Akademik 2010/2011

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang...................................................................................... 3

1.2 Saran....................................................................................................... 3

BAB II TINJAUAN TEORI

2.1 Definisi Mikrobiologi............................................................................. 4

2.2 Sejarah Mikrobiologi............................................................................. 4

2.3 Aplikasi Mikrobiologi dalam Kehidupan Manusia............................. 6

2.4 Aplikasi Dalam Ilmu Bidang Kebidanan............................................. 6

BAB III PENUTUP

................. 3.1 Simpulan........................................................................................... 7

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 8

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Mikrobiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari makluk hidup yang sangat kecil (kurang dari 0,1 mm) yang tidak dapat dilihat dengan mata biasa tanpa bantuan suatu peralatan khusus.

Mikrobiologi meliputi berbagai disiplin ilmu seperti bakteriologi, imunologi, virologi, mikologi, parasitologi. Ilmu ini berkembang dari tahun ke tahun sehingga merupakan disiplin-disiplin sehingga berdiri sendiri. Mikroorganisme atau jasad renik atau mahluk hidup yang sangat kecil adalah salah satu mahluk hidup yang di pelajari dalam mikrobiologi.

1.2 Tujuan

· Untuk mengetahui sejarah mikrobiologi.

· Untuk mengetahui aplikasi mikrobiologi dalam kehidupan manusia.

· Untuk mengetahui aplikasi mikrobilogi dalam ilmu kebidanan.

BAB II

TINJAUAN TEORI

2.1 Definisi Mikrobiologi

Mikrobiologi adalah suatu kelompok organisme yang tidak dapat dilihat dengan menggunakan mata telanjang, sehingga diperlukan alat bantu untuk melihatnya.

Mikrobiologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri 3 suku kata:

· Mikros : Kecil

· Bios : Hidup

· Logos : Ilmu

Dalam mikrobiologi kedokteran dipelajari mikroorganisme yang ada kaitannya dengan penyakit (infeksi).

2.2 Sejarah Mikrobiologi

Penyakit infeksi sebenernya dikenal sejak zaman dahulu. Manusia purba menganggap bahwa penyakit infeksi merupakan ssuatu kutukan para dewa atas dosa-dosa manusia sehingga untuk menyembuhkan penyakit tersebut dilakukan pengorbanan-pengorbanan. Kemudian muncul Hipocrates dengan anggapan bahwa penyebab infeksi terdiri dari dua faktor,yaitu faktor Intrinsik yang terdapat dalam tubuh penderita dan faktor Ekstrinsik yang terdapat di luar tubuh penderita. Sehingga muncullah teori:

1. Generatio Spontanea yang menyatakan bahwa mahluk hidup dapat timbul dari benda-benda mati.

2. Anton Van Leeuwenhoek, dia melihat mahluk-mahluk kecil dalam berbagai cairan dengan mempergunakan mikroskop, mahluk kecil inilah yang sekarang kita kenal sebagai kuman.

3. Louis Pasteur(1860), dia memanfaatkan penemuan Leeuwenhoek dan membutikan ketidakbenaran teori penemuan Generatio Spontanea.

Dia melakukan percobaan dengan memanaskan kaldu di dalam suatu labu balon dengan tujuan mematikan jasad-jasad renik yang terdapat di dalamnya. Ternyata setelah didiamkan beberapa waktu,kaldu tersebut menjadi keruh. Percobaan ke-dua serupa dengan percobaan yang terdahulu, tetapi dengan menggunakan labu balon berleher panjang yang bagian tengahnya berbentuk huruf “U” yang terisi cairan sehingga udara luar tidak berhubungan dengan kaldu. Dengan percobaan ini terbukti bahwa kaldu dalam percobaan ini tetap jernih,tetapi akan menjadi keruh apabila cairan di dalam labu berhubungan dengan udara. Kesimpulan percobaan ini adalah bahwa kekeruhan kaldu tersebut terjadi akibat pertumbuhan mikroba yang terdapat di dalam udara.

4. Lister, seorang ahli bedah yang telah melakukan tindakan-tindakan aseptik pada waktu pembedahan dengan menggunakan desinfektan yang dapat mematikan mikroba-mikroba yang terdapat di dalm udara.

5. Robert Koch (1876), mengadakan penelitian terhadap kuman Anthrax dalam bentuk Pure Culture atau biakan murni dengan bantuan media perbenihan kuman, dan berhasil membuktikan bahwa kuman – kuman dapat diisolasikan yang dapat menimbulkan penyakit yang sama jika disuntikkan ke hewan percobaan yang peka.

Pada tahun 1900 semua jenis kuman penyebab berbagai penyakit telah ditemukan,

Pada tahun 1929 Alaxander Fleming dilanjutkan oleh Florey dan Chain (1940) untuk mempergunakannya dalam pengobatan. Penemuan Penisilin kemudian disusul penemuan-penemuan antibiotika lainnya yang jumlahnya sangat banyak.

2.3 Aplikasi Mikrobiologi dalam Kehidupan Manusia

Mikroba memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, karena mikroba memberikan keuntungan sekaligus kerugian bagi manusia. Mikroba yang menguntungkan memungkinkan manusia untuk memanfaatkan jasa dan produknya sekaligus. Sementara itu mikroba yang merugikan dapat menyebabkan penyakit pada tanaman, hewan ternak, bahkan manusia itu sendiri.

Untuk meminimalkan kerugian yang ditimbulkan oleh mikroba, maka manusia menerapkan berbagai teknologi untuk mengendalikan populasi mikroba itu. Pengendalian dilakukan secara kimiawi, fisikawi, mekanis dan sebagainya.

2.4 Aplikasi Dalam Ilmu Bidang Kebidanan

Edward Jenner (1749-1823) melihat bahwa seorang pemerah susu sapi yang mendapatkan infeksi cacar sapi (cowpox) ternyata kebal terhadap penyakit cacar. Ia kemudian menyusun suatu konsep tentang Vaksinasi dan berhasil membangkitkan atau menimbulkan kekebalan terhadap cacar dengan jalan memvaksinisanya memakai cacar sapi,kemudian konsep ini di ikuti oleh Pasteur untuk membuat vaksin terhadap penyakit.

Selain bidang kekebalan (imun) juga telah dilakukan percobaan-percobaan dengan bahan-bahan kimia untuk mengobati suatu infeksi. Vaksinasi berhubungan dengan imunisasi yang erat kaitannya dangan kebidanan.

BAB III

PENUTUP

3.1 Simpulan

Dari tinjauan teori di atas dapat disimpulkan bahwa Mikroorganisme berasal dari benda hidup. Ilmu yang mempelajari mikroorganisme disebut mikrobiologi .

Dalam sejarah kehidupan, mikroorganisme telah banyak sekali memberikan peran sebagai bukti keberadaannya. mikroorganisme telah digunakan dalam pembuatan antibiotika, berbagai bahan makanan, sampai pada teknik rekayasa genetika modern. Begitu banyak dan dominannya peranan mikroorganisme dalam kehidupan ini menjadi salah satu unsur dalam cakupan mikrobiologi. Dengan semakin majunya teknologi mikroskop, semakin mendukung perkembangan mikrobiologi.

DAFTAR PUSTAKA

Ø Syahrurachman, Agus, dkk.2010.BUKU AJAR MIKROBIOLOGI KEDOKTERAN. Jakarta:BINARUPA AKSARA

Ø http// www.g-excess.com/id/mikroorganisme-bakteri-dan-virus-html

Ø http://akademibidan.blogspot.com/2009/03/mikrobiologi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi Kritik saran dunk....